teruja anggur....



teruja melihat pokok anggur di laman ruman seorang sahabat menjadikan saya dan suami mengimbas kembali keinginan kami untuk menanam tanaman ini di rumah..tetapi hasrat ini belum kesampaian dek kesibukan.ada juga kami berkunjung ke ladang anggur berdekatan rumah / Sendayan,namun pekerja leka membelai anggur tidak mahu membenarkan kami masuk ke ladang,apatah lagi membeli benih atau memetik buah di ladang anggurnya!ke nursery kami mencari anggur,sudah diangkat 2 polybag dan bila hendak membayar,tiada org!aduh!ini sudah kali ke 150 kami datang dan nursery itu penuh pokok tp tidak bertuan!ajaib..mahu rasanya saya membawa lori dan mengangkut semua tanaman itu pulang!jadi projek pergola di belakang rumah untuk panjatan sang anggur idaman nampaknya terbengkalai lagi.....kita tgk apa specialnya anggur ni..nah ini gambar buahnya anggur di laman rumah seorg teman..

Anggur merupakan buah dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung.
Banyak jenis anggur termasuk:
• Vitis vinifera, anggur untuk bahan minuman anggur Eropa
• Vitis labrusca, anggur Amerika Utara untuk membuat jus anggur, kadangkala untuk minuman anggur
• Vitis riparia, anggur liar Amerika Utara, kadangkala untuk pembuatan minuman anggur
• Vitis rotundifolia, muscadine, digunakan untuk jelly dan kadangkala minuman anggur
• Vitis aestivalis, varietas Norton yang digunakan untuk pembuatan minuman anggur
• Vitis lincecumii (juga disebut Vitis aestivalis atau Vitis lincecumii), Vitis berlandieri (juga disebut Vitis cinerea var. helleri), Vitis cinerea, Vitis rupestris digunakan untuk membuat minuman anggur hibrida dan "rootstock" tahan-hama.
Hibrida juga ada, utamanya merupakan persilangan dari V. vinifera dengan satu atau lebih varietas V. labrusca, V. riparia atau V. aestivalis. Hibrida cenderung lebih tidak terpengaruh dingin ("frost") dan penyakit (terutama phylloxera), tetapi minuman anggurnya kurang memiliki karakteristik aroma "foxy" labrusca.
Anggur laut Coccoloba uvifera merupakan anggota dari keluarga Buckwheat Polygonaceae dan merupakan tanaman asli di tanah di Laut Karibia.
Anggur minuman…
Anggur (atau juga populer disebut dalam bahasa Inggris: wine) adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan. Minuman beralkohol yang dibuat dari sari buah lain yang kadar alkoholnya berkisar di antara 8% hingga 15% biasanya disebut sebagai wine buah (fruit wine).
Anggur dibuat melalui fermentasi gula yang ada di dalam buah anggur. Ada beberapa jenis minuman anggur yaitu, Red Wine, White Wine, Rose Wine, Sparkling Wine, Sweet Wine, dan Fortified Wine:
• Red Wine adalah wine yang dibuat dari anggur merah (red grapes). Beberapa jenis anggur merah yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah merlot, cabernet sauvignon, syrah/shiraz, dan pinot noir.
• White Wine adalah wine yang dibuat dari anggur putih (white grape). Beberapa jenis anggur hijau yang terkenal di kalangan peminum wine di Indonesia adalah chardonnay, sauvignon blanc, semillon, riesling, dan chenin blanc.
• Rose Wine adalah wine yang berwarna merah muda atau merah jambu yang dibuat dari anggur merah namun dengan proses ekstraksi warna yang lebih singkat dibandingkan dengan proses pembuatan Red Wine. Di daerah Champagne, kata Rose Wine mengacu pada campuran antara White Wine dan Red Wine.
• Sparkling Wine adalah wine yang mengandung cukup banyak gelembung karbon dioksida di dalamnya. Sparkling Wine yang paling terkenal adalah Champagne dari Prancis. Hanya Sparkling Wine yang dibuat dari anggur yang tumbuh di desa Champagne dan diproduksi di desa Champagne yang boleh disebut dan diberi label Champagne.
• Sweet Wine adalah wine yang masih banyak mengandung gula sisa hasil fermentasi (residual sugar) sehingga membuat rasanya menjadi manis.
• Fortified Wine adalah wine yang mengandung alkohol lebih tinggi dibandingkan dengan wine biasa (antara 15% hingga 20.5%). Kadar alkohol yang tinggi ini adalah hasil dari penambahan spirit pada proses pembuatannya.
Manusia telah membuat minuman anggur sejak sekitar lima ribu tahun yang lalu.
Anggur adalah minuman yang populer di banyak negara. Negara-negara yang penduduknya meminum anggur paling banyak (menggunakan data tahun 2000) adalah: Perancis, Italia, Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Argentina, Britania Raya, Republik Rakyat Cina, Rusia, dan Rumania.
http://id.wikipedia.org/wiki/Anggur

Comments

  1. sok dah berjaya tanam sile jemput kengkawan tolong tuai eh...

    ReplyDelete
  2. terima kasih MOM for visiting.doakan projek ni dpt on.jika ada hasil lumayan/buahnya.kita jemput sahabat2 buat koktail party...heeeee

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rahsia Sirap sedap terbongkar!

Rumahku wangi..syurgaku..